5 Tips Sederhana Meningkatkan Pemasaran Melalui Media Sosial

Dewasa ini media sosial memainkan peranan yang semakin penting dalam upaya pemasaran bisnis. Media sosial merupakan salah satu pilar strategi inbound marketing yang sukses. Cukup hanya dengan meluangkan enam jam dalam seminggu, bisnis kecil dapat melihat peningkatan hasil penjualan.

Terus meningkatnya penggunaan media sosial saat ini adalah bukti bahwa banyak bisnis sedang beradaptasi dengan tren ini. Namun, ada beberapa kesalahan umum yang biasa dilakukan bisnis kecil. Kesalahan-kesalahan tersebut membuat bisnis mereka tidak berkembang dan harus berjuang lebih lama lagi guna meraih keuntungan dari semua penawaran yang diberikan media sosial.

Media sosial sangatlah penting. Penelitian terbaru dari HubSpot menunjukkan, rata-rata pengguna menghabiskan waktu mereka di media sosial trennya terus meningkat. Lebih dari 85% pengguna internet memiliki akun Facebook, dan 49% di antaranya berada di Twitter. Dengan kata lain, sebagian besar calon pelanggan telah menggunakan media sosial.

Berikut lima tips sederhana guna membantu Anda menggapai calon pelanggan lebih efektif dengan menggunakan media sosial.

Sandal Greatvil
  • Tampilkan foto profil Anda dengan jelasPertama kali calon pelanggan melihat Anda dari gambar profil di media sosial. Untuk itu, Anda cukup menampilkan foto yang jelas dan gunakan foto itu di seluruh profil media sosial Anda. Hal itu sudah cukup menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa Anda nyata dan dapat dipercaya.
  • Tahan promosi penjualan AndaKetika menggunakan media sosial, kebanyakan merek ingin menggunakannya untuk promosi penjualan. Lawanlah keinginan tersebut. Gunakan media sosial untuk membangun sebuah hubungan. Caranya bisa berbagi konten informasi yang relevan, baik buatan sendiri, maupun dari pihak lain. Dengan begitu calon pelanggan akan sangat terbantu dan penjualan akan muncul.
  • Atur jadwal posting AndaPosting yang konsisten sangat penting untuk keberhasilan pemasaran melalui media sosial. Namun, waktu adalah segala-galanya. Followers di Twitter cenderung ingin lebih melihat tweet yang aktif, sementara fans di Facebook dan LinkedIn lebih suka membaca satu atau dua posting saja. Carilah apa yang berhasil dan lakukan dengan rutin. Dengan begitu calon pelanggan akan tahu kapan waktu yang tepat untuk mencari informasi dari Anda dan mulai mengandalkan itu.
  • Katakan terima kasihJika kehadiran Anda di media sosial bertujuan untuk membangun sebuah hubungan, jangan lupa perlihatkan tata krama terbaik Anda ketika seseorang men-share konten Anda. Pastikan Anda merespon dan berterima kasih pada mereka karena telah meluangkan waktunya untuk Anda.
  • Manfaatkan blogBlog adalah mesin konten Anda. Blog berfungsi sebagai sarana untuk berbagi informasi dan memberikan bantuan kepada calon pelanggan. Berbagilah melalui media sosial guna meningkatkan jangkauan dan mengekspos konten Anda ke audience yang lebih luas.
  • Jangan berhenti postingPastikan Anda mengintegrasikan media sosial dengan berbagai upaya pemasaran yang lain. Sertakan ikon pada semua bahan yang Anda produksi, menambahkan link ke email, dan pastikan akun media sosial ada pada website. Guna membangun sebuah komunitas, Anda harus memberitahu orang-orang di mana mereka dapat menemukan Anda.

Tips sederhana ini dapat memperbaiki beberapa kesalahan umum dan membuat pemasaran media sosial Anda lebih efektif. Dengan kehadiran media sosial yang efektif, perusahaan Anda akan dilihat sebagai sumber daya, bisa menarik calon pelanggan yang relevan dan menghasilkan kesempatan untuk mengonversikannya ke lead dan pelanggan. (Cecep Supriyadi/business2community)

 

Sumber: netpreneur.co.id