Apa Itu Pesantren Netpreneur?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang apa yang dimaksud dengan istilah Pesantren Netpreneur, ada baiknya kita mengetahui atau mengingat kembali pengertian dari masing-masing kata yang ada. Jika melihat apa yang ‘disepakati banyak orang’ selama ini (via Wikipedia), pengertian dasar dari PESANTREN adalah tempat belajar para santri. Ada pun santri sendiri (masih menurut Wikipedia) adalah sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan ilmu Agama Islam di suatu tempat yang dinamakan Pesantren (nah muter-muter jadinya, hehe). Ya, pesantren adalah sebuah tempat untuk ‘mempelajari’ (tentunya dengan mempraktekannya juga) ilmu-ilmu Agama Islam.

Ok, sekarang lanjut ke NETPRENEUR. Sebutan atau istilah Netpreneur ini sebenarnya merupakan penggabungan dari dua kata; Net (Internet) dan Entrepreneur. Net bisa diartikan sebagai jaring atau jaringan (sesuatu atau orang yang saling terhubung satu sama lain), bisa juga yang dimaksudkan adalah INTERNET dalam pengertian yang kita kenal selama ini. Apa itu Internet?

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (antarjaringan). (Wikipedia)

Selanjutnya bagaimana dengan “preneur”? sebenarnya preneur ini adalah kata penyingkat dari “entrepreneur” (terlepas dari benar tidaknya kaidah penyingkatan kata tersebut). Jika “preneur” yang ada pada kata netpreneur adalah singkatan dari entrepreneur, maka apakah arti dari entrepreneur itu sendiri? menurut Wikipedia, entrepreneur adalah wirausahawan.

Wirausahawan (bahasa Inggris: entrepreneur) adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Sandal Greatvil

Bisa disimpulkan; Netpreneur (kadang disebut Internetpreneur, berasal dari kata Internet dan Entrepreneur) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk seseorang yang berwirausaha melalui sebuah jaringan yang saling terhubung satu sama lain (internet).

Sebagai tambahan, masih menurut Wikipedia bahwa Kewirausahaan (Inggris: Entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian. Wow, berarti kewirausahaan itu benar-benar sebuah tantangan! 🙂

So, jika Wikipedia sudah memberikan pengertian demikian, lantas apa ‘makna sebenarnya’ dari istilah (lebih tepatnya; brand) Pesantren Netpreneur ini? yang ingin kita maksudkan dari Pesantren Netpreneur ini adalah sekumpulan orang atau KOMUNITAS yang terdiri dari SANTRI NETPRENEUR, yaitu para penghafal, pembelajar dan pengamal Al-Quran yang berwirausaha dengan cara bersinergi dan bekerjasama satu sama lain, berbasiskan alam (semangat back to nature) dan media digital (komputer yang terkoneksi internet, smartphone, dsb) tanpa dibatasi lagi tempat dan waktu, bisa kapan pun dan di mana pun.

Berwirausaha secara berjamaah dengan saling bersinergi antar anggota komunitas, bersama-sama membangun dan mengembangkan brand, aset atau perusahaan sehingga bisa memberikan banyak kemanfaatan untuk umat, masyarakat dan peradaban, ini lebih tepatnya. Keberadaan Pesantren Netpreneur ini diharapkan bisa melahirkan pemasar-pemasar hebat dan juga pengusaha-pengusaha hebat yang selalu berorientasi akhirat dalam usaha meraih (menikmati) kesuksesannya.

__________

Program Pesantren Netpreneur ini diselenggarakan oleh Ciamis Hebat Community (CHC) dan Komunitas Berawal dari Sandal (BdS). Bagi yang ingin dan siap bersinergi di Pesantren Netpreneur bisa langsung join ke Grup WhatsApp, klik di sini atau Grup Facebook, klik di sini.