Al-Quran Obat Segala Penyakit

Setelah kita akan merasakan suatu kenikmatan tersendiri, dan hati akan terasa lebih tenang dan tenteram dari sebelumnya. Dengan membaca Al-Quran akan banyak sekali manfaat yang didapat. Akan mendapat banyak pahala dari Allah SWT, dengan membaca Al-Quran dan memahami maksud dari ayat tersebut, akan menambah pengetahuan kita, akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT, dan dengan membaca Al-Quran akan membuat hati ini merasa tenang dan nyaman. Sebagaimana Allah SWT berfirman,

“Dan telah Kami turunkan dari Al-Quran sesuatu yang menjadi obat dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Sementara bagi orang-orang yang zalim, ia hanyalah menambah kerugian,” (QS. Al-Isra’ [17]: 82).

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman,” (QS. Yunus [10]: 57).

Pembaca yang budiman, dua firman Allah SWT diatas dengan gamblang dan jelas memberitahu kita bahwa Al-Quran dapat berfungsi sebagai obat dan penyembuh segala macam penyakit, terutama sebagai obat penyakit hati. Ayat ini pun diperkuat dengan sabda Nabi Rasulullah SAW perihal Al-Quran sebagai obat,

“Berobatlah kalian dengan dua hal, madu dan Al-Quran,”

“Sebaik-baik obat adalah Al-Quran,”

Sandal Greatvil

Ketika hatimu sedang dilanda keresahan, kegalauan, dipenuhi rasa iri, sombong, dan berbagai penyakit lainnya, segeralah berwudhu dan membaca Al-Quran dengan menghayati kandungan setiap ayat yang dibaca, InsyaAllah niscaya hatimu akan kembali tenteram, damai, pikiran akan kembali tenang, dan segala penyakit akan sirna. Karena ketenangan kita bahwa Allah selalu bersama dan selalu ada untuk hamba-Nya. Tidak hanya penyakit hati saja yang dapat disembuhkan dengan Al-Quran. Penyakit kanker darah (leukimia) pun dapat sembuh dengan Al-Quran. Namun ada syarat yang harus dipenuhinya, yakni penyakit ini akan sembuh jika kita beriman. Kita harus mengimani Al-Quran beserta kandungannya. Karena Al-Quran hanya dapat sebagai obat segalanya bagi orang-orang yang beriman.

Berdasarkan penelitian Lembaga Ilmu Kedokteran Islam di Amerika, menunjukkan bahwa bacaan Al-Quran dapat menurunkan ketegangan pada hampir seluruh pasiennya. Diperkirakan 97 persen pasien menjadi mengendor jaringan dan organ sarafnya yang sebelumnya sangat tegang, setelah rajin membaca dan menghayati Al-Quran. Penelitian ini dilakukan dengan waktu yang cukup lama. Sampel yang diambil dai kaum Muslimin Arab maupun non-Arab, yang berbahasa Arab maupun bukan, atau yang non-Muslim sekalipun. Hasilnya sangat menakjubkan, sekitar 97 persen pasien menjadi lebih tenang akibat pengaruh bacaan Al-Quran.

Pembaca yang budiman, apa yang harus diragukan lagi dengan Al-Quran ini, semuanya telah dibuktikan. Allah SWT memerintahkan dan menurunkan sesuatu juga pasti ada manfaat yang dapat diperolehnya. Oleh karena itu, marilah kita sama-sama meningkatkan keseringan kita dalam membaca Al-Quran, selagi sekarang ini kita sedang menjalani ibadah puasa, lebih baik jika mengisi waktu luang dengan membaca Al-Quran daripada terus berbaring di tempat tidur. InsyaAllah pasti kita mendapat pahala berlipat ganda. Jika kita rutin membaca setiap hari satu juz, maka dalam sebulan ini kita dapat mengkhatam Al-Quran dengan lancar. Aaamiiin.

Sumber: Terapi Virus Merah Jambu/Ustadz Anif Sirsaeba, MBQ/Republika&BRC/Februari 2008 via Islampos