Khasiat Madu, Menyembuhkan Penyakit Jantung

Anda pasti sudah sangat sering mendengar mengenai khasiat madu. Banyak sekali khasiat dari madu ini. Salah satunya adalah madu dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan Rasulullah sendiri menganjurkan meminum madu agar hidup lebih sehat.

Ibnu Abbas r.a. berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Kesembuhan dari penyakit itu melakukan tiga hal, yakni berbekam, minum madu, dan dibakar dengan besi panas. Tetapi, aku melarang umatku membakar dengan besi panas itu.” (HR. Bukhari)

Benarlah sabda Rasulullah bahwa madu dapat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Dr. FG Winarno, Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor, dalam bukunya Madu, Teknologi, Khasiat dan Analisanya, menyatakan gula dan mineral dalam madu berfungsi sebagai tonik bagi jantung. Otot-otot jantung bekerja tanpa henti, sehingga selalu membutuhkan glukosa sebagai sumber tenaga untuk mengganti energi yang hilang. Madu dapat menjadi asupan yang tepat, karena nutrisi madu sebagian besar terdiri dari glukosa.

Menurut Ibnu Sina, madu dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari yang ringan sampai yang berat, seperti tekanan darah tinggi dan jantung. Dr. Fang Chu, dokter di Lien Yu Kang Hospital, Tiongkok, juga menyatakan bahwa lem lebah (propolis) memiliki khasiat yang sama untuk mengobati penyakit jantung, di samping juga berguna untuk penyakit kandungan lemak tinggi dalam darah.

Madu memberikan nutrisi pada otot jantung dan meningkatkan fungsi metabolisme jantung. Bahan alami ini memebrikan kontribusi atas sirkulasi pembuluh koroner yang baik, dengan meningkatkan hemoglobin (pigmen dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke tiap jaringan) dan vasodilatasi (pembesaran atau perluasan pembuluh darah yang dapat menurunkan tekanan darah), serta menghindarkan darah dari pembekuan.

Madu dan kayu manis diketahui dapat mengurangi kolesterol dalam pembuluh atteri dan mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Orang yang sudah terkena serangan jantung, dapat terhindar dari serangan jantung ke dua bila mengonsumsi madu dan kayu manis setiap hari. Konsumsi madu dan kayu manis secara teratur juga dapat memperlancar pernapasan dan memperkuat detak jantung. []

Sumber: Cara Sehat dengan Resep-resep Ajaib Herbal Islami/Mukhlidah Hanun Siregar/Buku Biru via Islampos

Sandal Greatvil