Menambah Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

Media sosial adalah sebuah tool yang bisa dibilang cukup efektif untuk membantu kegiatan pemasaran pada bisnis Anda. Jika saat ini Anda berencana untuk melakukan kegiatan pemasaran produk Anda melalui internet, maka Anda perlu mengetahui bagaimana caranya agar pemasaran melalui internet yang Anda terapkan harus bisa berjalan dengan baik. Dibawah ini ada beberapa langkah sederhana yang bisa dijadikan sebagai strategi tambahan untuk pemasaran pada bisnis Anda dengan memanfaatkan media sosial. 

1. Bangunlah sebuah fans club

Ketika Anda sudah mempunyai banyak pembeli, apa yang biasa Anda lakukan untuk mengetahui seberapa besar respon konsumen terhadap produk Anda. Untuk mengetahui tentang produk Anda apakah bagus atau tidak mungkin cara yang paling sering dilakukan adalah dengan memberikan survey. Namun, terkadang ada beberapa konsumen tidak begitu tertarik untuk mengisi sebuah survey. Nah, untuk memudahkan Anda dalam mengetahui seberapa besar testimonial, maupun feedback konsumen terkait produk Anda. Disini Anda bisa membuat sebuah tempat khusus untuk mengumpulkan seluruh konsumen Anda agar nantinya mereka bisa mengeluarkan keinginan, serta keluhan terkait sharing produk Anda pada satu tempat yang sama.

2. Bereaksi secara efektif

Kembali lagi kepada komitmen diawal. Jika Anda akan fokus untuk pemasaran produk menggunakan internet. Maka Anda harus bereaksi secara efektif. Maksudnya, usahakan Anda secepat mungkin untuk merespon setiap kali konsumen menanyakan sesuatu terkait produk Anda. Atau jika Anda memiliki akun sosial media entah itu facebook maupun twitter, Anda juga harus secara aktif untuk melakukan update status secara berkala. Buatlah para fans dan follower Anda percaya bahwa akun sosial media bisnis Anda tersebut benar-benar aktif dan nyata.

3. Dengarkan apa yang disampaikan konsumen

Sandal Greatvil

Situs jejaring sosial dapat membantu Anda dapat mengidentifikasi apa yang konsumen inginkan. Dengan melakukan berbagai macam pengamatan yang bisa Anda lakukan. Misalnya saat ini usaha Anda bergerak pada bidang penjualan makanan, suatu ketika Anda secara tidak sengaja melihat ada salah satu customer yang membutuhkan makanan namun customer tersebut tidak bisa menjangkau makanan yang diinginkannya secara langsung. Dari hasil pengamatan tersebut, Anda mungkin bisa menambahkan layanan tambahan pada bisnis Anda seperti layanan delivery order. Mungkin masih ada beberapa cara pengamatan lain yang bisa Anda lakukan.

Sebenarnya banyak yang dapat diambil manfaatnya ketika Anda bisa sharing secara langsung dengan konsumen. Secara tidak langsung Anda juga akan membangun hubungan yang baik jika komunikasi yang Anda jalin juga berjalan baik, tentunya kedepan mereka juga bisa menjadi konsumen yang loyal dengan produk Anda.

4. Mengkomunikasikan pesan promosi

Sesekali Anda boleh menuliskan sesuatu yang berkaitan dengan promosi produk Anda. Seperti rencana dari awal memang pemanfaatan alat bantu seperti situs jejaring sosial ini tujuannya untuk melakukan pemasaran produk. Jadi mungkin tidak perlu menunggu instruksi dari siapapun secara otomatis harusnya Anda akan melakukan kegiatan promosi produk Anda dengan sendirinya. Tapi ingat, ambilah waktu untuk melakukan promosi disaat-saat yang tepat. Jangan setiap saat Anda selalu melempar status yang berisi promosi secara terus menerus. Karena follower dan juga fans Anda lama-lama bisa menjadi jenuh dan nantinya akan meninggalkan Anda. Hal ini tentu tidak Anda inginkan bukan?

5. Menjalin relasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika Anda sudah secara aktif memanfaatkan situs jejaring sosial ini, nantinya Anda akan berkomunikasi dengan banyak orang. Dan orang-orang tersebut tidak berasal dari lingkungan sekitar Anda, beberapa diantaranya mungkin ada yang berasal dari luar kota, atau bahkan sampai luar negeri sekalipun. Nah, agar bisnis Anda bisa semakin terus berkembang dengan memanfaatkan situs jejaring sosial ini. Manfaatkanlah untuk menambah relasi sebanyak mungkin melalui media internet ini. Siapa tahu nantinya Anda akan bertemu dengan calon investor yang tertarik dengan bisnis Anda. Ini mungkin saja bisa terjadi.

Sumber: netpreneur.co.id