Minuman Suplemen, Apa Benar Bikin Bugar?

MINUMAN suplemen semakin banyak saja ragamnya. Dengan berbagai macam rasa, dan kemasan. Mulai dari anggur, jeruk, ginseng, dan lain sebagainya. Kita bisa memilihnya sesuai selera kita. Harganya pun benar-benar sangat terjangkau. Hanya dengan uang Rp 1000 (serubu rupiah), segelas minuman yang kelihatannya sangat menyegarkan sudah bisa kita dapatkan.

Minuman suplemen pada umumnya dikonsumsi oleh segala lapisan usia. Kebanyakan memang para pekerja. Tetapi mereka yang sering berolahraga dan juga sering begadang pun termasuk juga rata-rata ruting mengonsumsi minuman suplemen.

Hanya memang, ternyata kita perlu tahu ada apa gerangan yang terkandung dalam minuman suplemen yang sekarang ini banyak sekali beredar di pasaran. Apa efektif mengonsumsi minuman tersebut? Apakah mempunyai efek sampingan bila dikonsumsi secara teratur?

Sandal Greatvil

Sebaiknya minuman seperti itu memang tidak dikonsumsi secara teratur. Sebabnya sangat jelas, karena untuk membuat badan terasa segar, minuman-minuman itu biasanya ditambahkan kandungan seperti kafein, dan kandungan lainnya. Kafein, yang seperti ada kopi jelas kurang begitu bagus untuk kesehatan. Selain itu produk-produk minuman itu juga biasanya mengandung pemanis atau pewarna buatan. Jadi, meskipun minumnya hanya sedikit, lama-kelamaan bahan kimia tersebut bisa diakumulasikan terus di dalam tubuh. Bagaimana berbahayanya, dalam tingkat tertentu, minuman suplemen, bisa bikin kanker.

Ibu-ibu hamil tentu saja sama sekali tidak diperkenankan mengomsumsi minuman suplemen karena berisiko terhadap janin. Hal yang juga sama untuk anak-anak. Minuman suplemen memang ditujukan untuk dewasa. Orang dewasa digolongkan sebagai manusia superaktif hingga membutuhkan minuman ataupun makanan suplemen. Kandungan minuman suplemen umumnya berupa vitamin B, taurine, inostol, caffeine, calcium pantothenate, nicotinamide, pengawet natrium, karbonat, dan tartrazine.

Jika ingin sehat dan tetap semangat, hidup teratur, makan bergizi, istirahat cukup dan berolahraga, dan yang penting juga minum air bening yang cukup, adalah solusi paling baik bagi siapapun.

Kalau memang kira-kira butuh suplemen atau vitamin, cari yang memang tidak ada bahan kimianya, walau pun memang sulit. [sa/islampos/berbagai sumber]

Sumber: islampos.com